24 January 2013

Biaya masuk rumah sakit di Malaysia Rp3000

kesehatan rakyat Malaysia lebih terjamin

Tahukah anda berapakah agaknya biaya yang diperlukan seorang warga negara Malaysia untuk mendapatkan rawatan kesehatan di Rumah sakit Umum di sana? Mungkin anda akan terkejut. Rakyat Malaysia hanya perlu mengeluarkan RM1 atau sekitar Rp 3000 untuk mendapat rawatan kesehatan di Rumah Sakit.



Kesejahteraan seseorang mungkin dapat diukur dari tahap kesehatannya, orang yang secara ekonominya serba kekurangan tetapi memiliki tahap kesehatan yang baik mungkin merasa lebih sejahtera jika dibandingkan dengan orang yang serba kecukupan tetapi tidak memiliki tahap kesehatan yang baik. Lalu bagaimana nasib seseorang yang serba kekurangan dan memiliki tahap kesehatan yang tidak baik? Disinilah perlunya keprihatinan pemerintah terhadap kesehatan warganya yang kurang mampu.

Di Indonesia sendiri tidak dipungkiri banyak program-program bantuan dari pemerintah di bidang kesehatan yang disasarkan kepada warga yang kurang berkemampuan seperti Jamkesmas, Jamkesos, Jamkesda, Jampersal dan lainya yang sangat bermanfaat.

Tetapi jika dilihat dari tarif biaya rawatan di rumah sakit di Indonesia terbilang masih sangat memberatkan rakyat, Jika di RSUP fatmawati Jakarta misalnya untuk pendaftaran saja biayanya sudah Rp30ribu belum termasuk biaya konsultasi dan obat. Coba anda bandingkan rakyat Malaysia hanya perlu mengeluarkan RM1 atau Rp3000 untuk mendapatkan layanan kesehatan sebagai pesakit luar di Rumah sakit umum disana. Malah Rp3000 ini sudah termasuk biaya konsultasi dengan dokter pakar dan biaya pengganti obat. Dilengkapi dengan penanganan oleh dokter ahli dan didukung oleh prasarana dan alat yang canggih.

info biaya rumah sakit di Malaysia

Mahalnya biaya perawatan kesehatan di Indonesia dirasa masih cukup membebankan terutama kepada golongan ekonomi menengah ke bawah. Mendengar kabar orang masuk rumah sakit saja kita sudah miris terbayang biaya yang akan ditanggung, Bagaimana seorang pasien di rumah sakit akan cepat sembuh jika psikologinya sudah terganggu oleh karena terbayang besarnya biaya yang akan ditanggung?

Besarnya biaya rawatan kesehatan di rumah sakit juga dirasakan cukup membebankan disemua sektor seperti biaya rawat inap, biaya konsultasi, biaya pembelian obat,persalinan,dan sebagainya. Anda akan terkejut sekali lagi karena ternyata rakyat Malaysia hanya perlu membayar RM10 atau Rp30ribu untuk biaya persalinan secara normal dan RM100 atau Rp300ribu untuk persalinan secara caesarean Bandingkan dengan yang berlaku di Negara kita.. Sebagai rujukan silakan anda klik paparan tarif dari Rumah sakit kajang di Selangor Malaysia disini  atau bandingkan dengan harga tarif dari hospital selayang di Kuala Lumpur berikut ini. Bahkan untuk pegawai negri di Malaysia mereka tidak dikenakan biaya apapun atau percuma untuk mendapatkan rawatan.(Catatan : percuma dalam bahasa Indonesia bermakna gratis). Apabila ditinjau dan dibandingkan kembali dengan UMR di Malaysia yang sudah mencapai RM900 atau sekitar Rp3juta ( baca : pelaksanaan kadar gaji minimum sektor swasta di Malaysia 2013) ditambah dengan biaya rawatan kesehatan yang cukup murah dan berkualitas jelas rakyat negara jiran lebih terjamin dari segi kesehatan berbanding rakyat kita.  

Seorang teman penulis yang warga negara Malaysia bahkan terkejut dan tidak percaya apabila diberitahu berapa biaya persalinan/melahirkan di Negara kita. Mudah-mudahan pemerintah Indonesia pada masa-masa mendatang mampu untuk mengurangi beban yang diderita rakyatnya terutama di bidang rawatan kesehatan demi meningkatkan taraf kesejahteraan rakyat.



Baca Artikel terkait :



Posted by: Gogon Gepenk centraniaga Updated at: 14:07