26 January 2013

TKI Go Online promosi produk dalam negri

Cara bisnis online untuk TKI

TKI Go Online promosi produk dalam negri.TKI identik dengan berbagai cerita yang memilukan seperti penyiksaan,pemerkosaan, hukuman mati dan sebagainya.Akan tetapi meluasnya berbagai perspektif negatif itu ada kalanya karena terlalu dieksploitasi dan dibesar-besarkan oleh media dengan tujuan tertentu. 


Tidak di pungkiri berbagai cerita negatif itu memang ada juga kebenarannya, disinilah perlunya peran dan tindakan proaktif terutama dari pihak pemerintah Indonesia sendiri untuk terus meningkatkan layanan perlindungan bagi warganya yang sedang mengais rezeki di negara orang tersebut. Perbaikan mutu secara menyeluruh pada sistem perekrutan dan pelatihan dan pemberangkatan TKI menjadi PR yang harus di selesaikan oleh pemerintah melalui Depnakertrans dan BNP2TKI untuk meminimalisir resiko episode cerita memilukan dan menyayat hati TKI terus berlanjutan. Perlunya pemantauan secara menyeluruh dari pemerintah melalui peraturan-peraturan yang ketat dan tegas terhadap badan usaha seperti PJTKI yang telah ditunjuk dalam proses perekrutan,pelatihan,dan pemberangkatan TKI supaya badan usaha seperti PJTKI tersebut tidak sewenag-wenang dan hanya mengejar keuntungan semata-mata.

Selain pemerintah tentunya TKI sendiri juga harus selalu bertindak proaktif sejak dari proses pendaftaran hingga pada saat tinggal di negara luar. Misalnya dengan membaca dan mempelajari sosial budaya dan karakteristik masyarakat negara tujuan, Memahami undang-undang yang bersifat umum, membaca dan memahami klausul atau perjanjian kerja, hal ini penting untuk menghindari tertimpa masalah saat berada di negara orang.

Berada di negara luar, TKI disamping tetap fokus pada tujuan utama untuk mencari uang juga perlu pintar membaca dan memanfaatkan peluang yang ada untuk terus belajar dan menambah ilmu pengetahuan, sebagai bekal apabila kembali ke Tanah Air. Misalnya dengan memanfaatkan kemudahan internet untuk mencari berbagai informasi yang bermanfaat, seperti informasi bisnis online,peluang usaha,penanaman modal dan sebagainya. Sehingga TKI juga dapat diberdayakan dalam membantu mempromosikan produk dalam negri.

Pada kesempatan kali ini centraniaga akan berbagi sedikit tips untuk TKI Go Online dan belajar mengenal dan membaca peluang bisnis online di internet  Sekurang-kurangnya untuk menambah pengetahuan lebih bersyukur lagi kalau dapat menambah pendapatan bagi TKI dan membantu promosi produk dalam negri.

1. Manfaatkan kemudahan internet sebagai sumber pencari informasi dan promosi
Dengan biaya dan koneksi yang lebih cepat dan lebih murah di luar negara TKI seharusnya dapat memanfaatkan internet secara optimal. Berbagai informasi bisnis yang disediakan di internet dapat memberi inspirasi kepada TKI, bahkan bila memungkinka, TKI dapat memulai menjalankan bisnis online sejak masih berada di luar negara, dan tinggal mengembangkan bila kembali ke Tanah Air. 

Bisnis sampingan melalui internet yang dapat dijalankan oleh TKI misalnya dengan bisnis jual beli barang secara online seperti jual barang di ebay ( baca artikel : mengenal bisnes online jualan barang di ebay),untuk TKI Malaysia bisa juga memanfaatkan situs jual beli seperti situs mudah.my,dan sebagainya. Dapat juga menjalankan bisnis jual barang secara dropship,jual beli domain dan sebagainya. Untuk kelancaran dalam menjalankan bisnis online diperlukan akun paypal. Sekali lagi TKI punya kelebihan disini karena verifikasi akun paypal di luar negara sangatlah mudah tidak seperti di Tanah Air (baca artikel : cara mudah verified paypal dengan kartu ATM).

2. Membuat blog atau website.
Banyaknya platform di internet yang disediakan secara gratis untuk membuat blog seharusnya dapat dimanfaatkan TKI untuk Go Online, menulis dan terhubung dengan dunia luar seperti dengan memanfaatkan platform blogger,ataupun  wordpress, multiply,dan sebagainya.Apabila blog sudah banyak pengunjung TKI dapat memoneytize blog  mereka melalui program ppc,affiliasi,paid to review dan banyak lagi peluang bisnis yang dapat menghasilkan uang dari internet untuk TKI. (Baca artikel : belajar mencari duit dari blog gratisan) Selain itu dengan kesibukan menulis di blog dapat mengurangkan kegiatan sosial yang kurang bermanfaat seperti karaoke,bersiar-siar tanpa tujuan dan sebagainya sehingga secara tidak langsung juga akan mengurangkan TKI terjerumus dalam berbagai masalah seperti yang sudah di tuliskan di awal artikel diatas.

3. Bergaul dengan baik kepada masyarakat negara setempat.
TKI merupakan duta negara secara langsung kepada masyarakat luar negara. Dengan bergaul secara baik tentunya akan memberikan image baik kepada negara. Selain itu dapat juga mempromosikan dan menjual produk dari dalam negara secara langsung kepada warga negara tempat TKI bekerja secara kecil-kecilan namun mendatangkan keuntungan.

4. Mengenal pasti produk yang diminati oleh masyarakat negara luar yang mudah didapat di Tanah Air.
Dengan membaca dan bergaul seperti pada tips pertama dan ketiga diatas TKI dapat menemukan produk dari Tanah air yang dapat diperjual belikan sehingga menjanjikan keuntungan,. Misalnya TKI Malaysia bisa mempromosikan pakaian muslimah khas Indonesia yang cukup mendapat sambutan kepada warga negara Malaysia. Banyak sekali toko online di Indonesia yang menjual pakaian muslimah. Bahkan agar tidak mengganggu jadwal kerja, TKI dapat menjalankan bisnisnya secara dropship. (baca artikel : mengenal bisnis jual beli barang secara dropship) .

5. Berhati-hati dalam mejalankan bisnis.
Selalu berhati-hati dalam menjalankan bisnis terutama bisnis online melalui internet sangat penting bagi pelaku bisnis tidak terkecuali TKI yang sedang belajar maupun sedang mencoba bisnis online. Agar terhindar dari scam atau penipuan yang akhirnya akan membawa kepada kerugian.

Semoga artikel TKI Go Online promosi produk dalam negri bermanfaat terutama bagi para TKI yang sedang berada di luar negara.Dengan semakin banyaknya TKI go Online diharapkan sedikit banyak dapat membantu memasarkan produk dalam negri dan pada akhirnya menyumbang kepada perkembangan bisnis online Indonesia.
 

Baca Artikel terkait :



Posted by: Gogon Gepenk centraniaga Updated at: 15:38