24 January 2013

Cara menghindari tindak kejahatan di facebook

Pada kesempatan kali ini centraniaga hadir dengan berbagi sedikit tips cara menghindari  tindak kejahatan di facebook. Saya yakin anda pernah membaca atau bahkan sudah menganggap biasa berita tentang tindak kejahatan di facebook. Tetapi apakah pernah terfikir bahwa anda sendiri juga berkemungkinan besar menjadi korban kejahatan di facebook selanjutnya?.

mengelak-kejahatan-via-fcebook

Dengan beberapa tindakan yang cukup mudah untuk dilakukan seperti berikut dibawah ini, Akan dapat memperkecil kemungkinan anda menjadi salah satu korban kejahatan di facebook:

1. Mendaftar facebook dengan email khusus.
Sebaiknya gunakan email khusus untuk mendaftar di facebook, seboleh-bolehnya elakkan menggunakan email dari yahoo dan email gratisan lainya, Namun apabila merasa keberatan menggunakan email berbayar untuk mendaftar facebook gunakan email gratisan tadi khusus untuk akun facebook anda,artinya jangan campurkan email facebook dan email pribadi atau email untuk bisnes anda seperti paypal dan sebagainya. Aktifkan verifikasi 2 langkah melalui no telepon pada email yang anda gunakan.Tindakan ini sekurang-kurangnya dapat menghindarkan kita dari kejahatan di facebook melalui pembajakan akun email.

2. Memperketatkan pengaturan keamanan facebook.
Aktifkan fitur jelajah aman pada pengaturan kemanan facebook anda agar terhindar dari tindak kejahatan di facebook,ini penting untuk memastikan kita berada di website facebook yang sebenarnya (https://) bukan website replika atau phising web yang sengaja diciptakan untuk menjebak anda. atau pastikan masuk ke facebook di https://www.facebok.com. Membuat kata sandi khusus disetiap aplikasi yang digunakan untuk melayari facebook dapat mengelakkan akun facebook kita diceroboh oleh orang lain.Kemudian aktifkan pemberitahuan masuk melalui no telepon, karena facebook akan memberitahu anda via sms jika ada orang lain atau anda sendiri masuk ke facebook melalui perangkat yang tidak dikenali.

3. Memperketatkan pengaturan privasi facebook.
Pengaturan privasi facebook sangat penting untuk mengelak akun kita disalah gunakan oleh orang lain, Jadikan secara default hanya teman saja yang dapat melihat profil dan kiriman facebook anda.Jangan menambahkan no telepon,email, ke profil publik facebook.Batasi pengaturan penandaan facebook.Seperti gambar dari teman yang menandai anda dengan cara klik pengaturan akun-kronologi dan penandaan-aktifkan tinjauan kiriman teman yang menandai anda sebelum muncul di kronologi anda.Hal ini sangat penting untuk mengelak hal-hal yang tidak diinginkan seperti gambar tidak senonoh,halaman dengan kata-kata kurang sopan yang sengaja dikirimkan teman ke kronologi facebook anda dan sebagainya.

4. Jangan mengupload gambar yang bersifat pribadi di facebook.
Uploadlah gambar yang sewajarnya. banyak pengguna facebook yang dengan bangga mengupload gambar-gambar pribadi yang kurang sopan dan keterlaluan ke dalam kronologi facebooknya semata-mata untuk mencari popularitas secara singkat. Hal ini wajib untuk di elakkan karena sesungguhnya gambar seksi atau gambar hot anda tersebut hanya akan merendahkan martabat diri sendiri dan mengundang kepada niat jahat yang dapat menjerumuskan anda kedalam masalah yang sangat serius seperti pemerkosaan dan lain sebagainya. 

               memperketatkan-pengaturan-keamanan-facebook

5. Menyeleksi setiap permintaan pertemanan di facebook.
Jangan asal menerima setiap permintaan pertemanan dari seseorang yang tidak dikenal sebelum membuat penyelidikan seperlunya.

6. Berhati-hati dalam memilih aplikasi facebook.
Pilihlah aplikasi facebook yang perlu-perlu saja dan yang sudah terpercaya dengan melihat banyaknya jumlah pengguna aplikasi tersebut. Karena setiap aplikasi yang anda gunakan memiliki kuasa penuh terhadap privasi anda. Aplikasi seperti membuat status biru dari handphone dan yang seumpamanya lebih baik dihindari. Termasuk juga berhati-hati dalam mengeklik tautan yang memberikan tawaran hadiah dan sebagainya.

7. Mengelakan membuka facebook menggunakan fasilitas umum seperti wartel atau kedai internet atau free wifi dan sebagainya. Namun apabila terpaksa, pastikan untuk logout sebelum meninggalakan komputer yang anda gunakan di tempat umum tersebut.

Demikian beberapa tips sederhana dari centraniaga untuk mngelakan diri dari kejahatan via facebook ini semoga bermanfaat kepada pembaca.Terimaksih sudah membaca artikel tentang cara menghindari tindak kejahatan di facebook ini yang tentunya masih banyak kekurangan.Slakan tambahkan melalui ruang komen yang tersedia dibawah.
    


Baca Artikel terkait :



Posted by: Gogon Gepenk centraniaga Updated at: 11:07