02 June 2013

Belajar SEO Onpage blogger pemula

Centraniaga. Menjadi seorang blogger pemula, SEO merupakan hal yang wajib untuk dipelajari.Terutama dalam Belajar SEO Onpage blog yang sangat penting dalam usaha meningkatkan performa blog yang dikelola.Dalam pembelajaran SEO, menduduki peringkat pertama google SERP menjadi destinasi yang disasarkan.Belajar SEO Onpage blogger pemula ini adalah kelanjutan dari artikel Cara optimasi dasar blog yang diposting beberapa waktu terdahulu.

belajar-seo-on-page-blogger-pemula

Di era sekarang ini alogaritma google sudah mengalami beberapa perubahan besar yang berdampak pada perubahan hasil carian yang dihasilkan oleh search engine google.Jika kita amati, artikel-artikel yang berada di peringkat Top 10 google SERP saat ini lebih didominasi oleh artikel yang mendapat sentuhan SEO on Page dengan baik, dimana Backlink dan beberapa cara SEO offpage lainya mungkin masih diperhitungkan google namun sepertinya tidak sedominan seperti beberapa waktu yang lalu.

Hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi seorang blogger pemula seperti penulis disini, karena lebih berpeluang dan dapat bersaing dalam mendapatkan peringkat yang baik pada hasil SERP.Dengan mempelajari SEO on Page Blogger seperti yang dirangkai dalam beberapa langkah seperti berikut:

Memilih domain dan judul blog yang SEO.
Nama domain atau alamat blog sangat penting dalam SEO begitu juga dengan Judul blog.Alamat dan judul blog yang paling SEO adalah yang mengandung KEYWORD atau kata kunci yang bisa menggambarkan keseluruhan isi blog.

Membuat judul artikel atau title post SEO friendly.
Setiap kali posting di blog pemilihan judul artikel sangat menentukan hala tuju dan peringkat dalam hasil SERP.Judul posting harus disisipkan keyword yang ditargetkan serta memperhatikan jumlah karakter.Jangan terlalu panjang dan terlalu pendek.Usahakan judul dibuat semenarik mungkin dan membuat pengunjung blog tertanya-tanya dan tertarik untuk mengklik dan membaca artikel yang dibuat.

Membuat artikel yang unik dan update secara teratur.
Hindari memposting artikel hasil copy paste karena sangat dibenci oleh google.Artikel yang unik serta update postingan secara teratur atau terjadwal akan membantu mempercepat artikel di index oleh google.

Membuat susunan Tag heading blog yang SEO.
Susunan tag heading default blogger diyakini kurang ramah SEO.Sedangkan Tag heading blog yang SEO friendly adalah H1 sebagai judul blog, H2 judul artikel, H3 adalah widget, H4 sebagai komentar.Susunan heading seperti ini sudah cukup baik dalam SEO.

Menambahan link dalam artikel.
Link atau tautan juga penting dalam mendukung artikel kita mempunyai referensi atau bukan asal-asalan.Tautan bisa diambil dari luar blog/eksternal link maupun dari artikel lain yang terdapat dalam blog sendiri/internal link.Pendapat pendapat yang kita tulis dalam artikel bisa dikuatkan dengan tautan link misalnya dari wikipedia sebagai referensi dan sebagainya.PErlu juga untuk membuat anchor teks yang baik disetiap link yang ditambahkan

Menjaga keyword densisty.
Setiap artikel yang diposting haruslah memperhatikan kepadatan kata kunci atau sering disebut keyword density yaitu berapa kali kata kunci tertarget ditulis ulang berbanding jumlah kata keseluruhan.Menurut pakar SEO jangan keyword density yang baik adalah antara 4-5 persen.

Menambahkan meta diskripsi setiap halaman.
Meta diskripsi akan membantu google dan robot crawler yang lain mudah merayapi setiap halaman yang ada dalam blog.Diskripsi yang baik adalah yang mengandungi keyword dan menarik pembaca.Tidak dibenarkan membuat diskripsi yang sama disetiap postingan.

Cek kualitas SEO on Page.
Untuk mengecek apakah artikel yang dibuat sudah seberapa optimal kita dapat menggunakan tool gratis untuk cek kualitas SEO on Page disini

Demikian artikel belajar SEO on Page blogger bagi pemula ini mudah-mudahan bermanfaat kepada pengunjung centraniaga semuanya.



Baca Artikel terkait :



Posted by: Gogon Gepenk centraniaga Updated at: 16:35