03 April 2013

Bisnis online via blog

Blog menjadi media yang paling banyak digunakan para pelaku bisnis untuk membuat promosi se-cara online.Banyaknya web blog baru dengan tema bisnis online menjadi indikasi tersendiri.Walaupun pada prinsipnya bisnis online lewat blog bukan berarti harus membuat blog dengan tema bisnis online. Karena cara bisnis online via blog adalah mengkonversi trafik atau kunjungan blog menjadi sebuah keuntungan berupa uang.

cara bisnis online melalui blog

Posting kali ini adalah kelanjutan dari artikel tentang cara menghasilkan uang dari blog yang dipublikasikan admin centraniaga beberapa waktu yang lalu. Sebelum membisniskan blog yang kita kelola langkah pertama yang perlu dilakukan  adalah persiapan. Yaitu menyiapkan webblog dengan trafik tinggi dan pengunjung yang banyak yang kelak akan dikonversikan menjadi uang. Panjang dan pendeknya waktu yang diperlukan dalam persiapan ini bergantung kepada strategi bagaimana mendatangkan trafik blog.Jadi fokuskan terlebih dahulu kepada langkah Mendatangkan trafik atau pengunjung blog dengan cara seperti berikut.  

1.Menulis konten blog yang original bukan copy paste.
Penting untuk kita selalu Posting Artikel hasil cipta karya sendiri untuk menghindari penalti dari google. Artikel hasil copy paste hanya akan merendahkan diri kita sebagai author blog baik dimata mesin pencari maupun pembaca di internet.Google juka menyukai blog dengan konten yang orisinil. Namun apabila terpaksa harus melakukan copy paste pastikan menggunakan cara yang bermartabat, Yaitu merubah gaya bahasa dan selalu mencantumkan link sumber artikel yang di copy. Sehingga tidak merugikan pihak yang mempublikasikan artikel yang dijadikan rujukan tersebut.

2.Belajar Optimasi Mesin Pencari.
Optimasi mesin pencari atau para blogger senior menyebutnya SEO (Search Engine Optimization) terhadap artikel yang kita tulis di blog sangat penting untuk memastikan Artikel kita berada pada halaman pertama google sehingga bisa mendatangkan trafik menuju blog. Optimasi onpage dan offpage Blog merupakan kunci utama dalam menguasai halaman pertama Mesin pencari seperti google,MSN,Yahoo,bing dan yang lainya.

3.Meningkatkan Popularitas Blog.
Salah satu cara meningkatkan  popularitas blog adalah dengan promosi atau kampanye. Promosi blog sendiri bisa dilakukan dengan cara berbayar maupun gratis.Cara paling mudah dan gratis adalah dengan blogwalking dan meningggalkan komentar di blog orang lain untuk mendapatkan backlink. Tetapi cara ini tentunya memerlukan masa yang lebih panjang untuk meraih popularitas Blog di internet. Cara berkomentar yang baik adalah dengan membaca keseluruhan isi artikel kemudian memberikan review singkat sesuai dengan tema artikel blog yang dikomentari.

4.Meningkatkan Pagerank Blog.
Apabila kita sudah melaksanakan ketiga-tiga langkah diatas dengan optimal, otomatis Pagerank Blog kita akan naik secara bertahap.Pagerank blog yang dijadikan acuan adalah Google pagerank dan alexa rank karena kedua-dua situs tersebut adalah situs yang menjadi acuan perankingan situs web di internet paling diakui di Dunia.Pagerank menunjukan kualitas suatu blog semakin bagus rankingnya semakin bagus kualitas blog tersebut menurutmesin pencari.(baca juga : cara mengetahui kualitas blog)

5.Mengenali pengunjung blog.
Kenali pengunjung blog kita. Siapa,dari negara mana,menggunakan browser apa sebenarnya pengunjung dalam melayari halaman blog kita. Mengenal pengunjung blog penting untuk menentukan jenis bisnis online apa yang paling sesuai diterapkan dalam blog yang dikelola.Mengenal pengunjung blog dapat dilakukan dengan menggunakan tool yang memantau trafik blog seperti google analytics,hitstat dan yang lainya.

6.Belajar internet marketing dasar.
Sekurang-kurangnya kita harus belajar menguasai ilmu intenet marketing walaupun yang paling dasar sekalipun. Tanpa ilmu marketing trafik blog yang melimpah ruah menjadi sia-sia.Dimana kita harus belajar internet marketing? membaca tutorial,membeli ebook,menghadiri seminar,kursus dan banyak cara lain belajar internet marketing baik secara gratis maupun berbayar.

Setelah Blog kita memiliki pengunjung yang sudah dikenal pasti dalam jumlah yang besar perhari,serta popularitas Blog mulai meningkat, dan juga apabila sudah memiliki pagerank yang mapan,barulah langkah sebenar dalam bisnis online melalui media blog ini dapat dilakukan.Besarnya jumlah pengunjung adalah opsional tidak ada batasan dalam jumlah yang spesifik, tentunya semakin banyak pengunjung semakin besar kemungkinan konversi yang terjadi  begitu juga uang yang dihasilkan dari trafik blog tersebut.

Lalu, Bagaimanakah cara mengkonversikan trafik blog menjadi uang? Pada kesempatan selanjutnya, mudah-mudahan cara bisnis online via media blog ini dapat kita bahas lebih detail dan terperinci sehingga memberikan gambaran yang lebih jelas kepada para pembaca sekalian.

Terimakasih


Baca Artikel terkait :



Posted by: Gogon Gepenk centraniaga Updated at: 03:22