Centraniaga kali ini berbagi tips cara mengelola pengiriman barang di ebay.Tips ini mungkin berguna kepada pembaca yang baru mulai berkecimpung dalam bisnis jualan di ebay.Manajemen yang baik dalam pengiriman barang kepada pembeli merupakan salah satu kunci sukses bisnis ebay.
Sebagai penjual ebay atau ebay seller pemula tentu mengalami berbagai macam kesulitan dari proses listing barang,kontak langsung dengan pembeli,penerimaan pembayaran,mengelola ongkos dan pengiriman barang yang terjual kepada pembeli,hingga cara menyelesaikan penjualan yang bermasalah.di ebay.
Bagaimana cara mengelola pengiriman barang di ebay..? centraniaga membagi kepada tiga tahapan seperti berikut dibawah ini:
.
A. TAHAP PRA PENGIRIMAN BARANG
1.Menentukan besarnya nilai ongkos kirim.
Nilai nominal ongkos pengiriman barang ini kita masukkan pada saat listing di ebay.Sebaiknya tawarkan ongkos pengiriman yang sewajarnya saja.Pembeli di ebay akan melihat besarnya ongkos kirim setelah melihat gambar,diskripsi dan harga barang yang kita tawarkan.(silakan baca : cara listing barang di ebay).Hindari ongkos kirim yang terlalu mahal karena hanya akan membuat calon pembeli membatalkan niat untuk membeli barang yang kita listing di ebay.
2.Membatasi negara tujuan pengiriman barang.
Apabila kita listing di ebay kita dapat menentukan pembeli dari negara tertentu saja yang dapat membeli barang yang kita tawarkan.Batasi pengiriman barang ke negara-negara yang sedang bergejolak atau dalam situasi perang,seperti pada saat ini jangan mengirimkan barang ke negara Suriah,Korea Utara,Sudan,Libya dan sebagainya.
Perlu juga untuk kita hindari pengiriman ke sebagian negara-negara di Amerika Selatan yang sering mengalami keterlambatan proses pengiriman barang seperti Brazil.Di eropa Italia juga terkenal dengan pelayanan pos yang lamban.
Dengan membatasi negara tujuan pengiriman ini dapat mengelakkan diri dari berbagai masalah seperti keterlambatan pengiriman,salah alamat,pengembalian barang,juga boleh menyebabkan komplain dan feedback negatif dari pembeli.Ingat satu feedback negatif saja sudah sangat mengurangkan kredibilitas seorang ebay seller dan hanya berujung pada kerugian.
3.Menambahkan biaya penanganan.
Sebagai penjual pemula ebay kita akan menguruskan sendiri semua proses pembungkusan dan pengiriman barang yang terjual di ebay,sehingga perlu untuk kita memasukkan biaya penanganan atau handling fee dalam listing yang akan dikenakan kepada pembeli.Besarnya biaya penanganan biasanya kita ambil menurut tingkat kesulitan dan kondisi barang itu sendiri.Pembeli tentu akan maklum apabila kita kenakan biaya penangan misalnya sebesar $1 untuk pengiriman barang berupa pakaian atau $10 untuk pengiriman barang-barang elektronik seperti tablet,laptop dan sebagainya.
B.TAHAP PEMBUNGKUSAN DAN PENGIRIMAN BARANG
1.Konfirmasi pembayaran.
Sebelum memulai proses pembungkusan barang,terlebih dahulu konfirmasikan dengan pembeli tentang nama dan alamat penerima barang,selanjutnya cek apakah bayaran pembelian dari pelanggan sudah masuk ke akun paypal kita.
2.Proses pembungkusan barang.
Setelah dipastikan pembayaran dari pembeli sudah diterima langkah selanjutnya adalah merencanakan pembungkusan barang.Dalam proses pembungkusan barang beberapa hal seperti berikut dibawah ini perlu diperhatikan:
(a) Memilih kemasan bungkusan barang
Kemasan atau bungkusan barang sebaiknya disesuaikan dengan kondisi barang yang akan dikirim.Misalnya apabila mengirimkan barang pecah belah pastikan kemasan yang dipilih adalah dari bahan yang dapat menahan pecahnya barang yang dibungkus.
Manfaatkan kotak-kotak yang tidak terpakai seperti kardus,karton dan sebagainya yang masih dalam kondisi layak pakai.Kita juga dapat membeli kemasan yang disediakan oleh kantor pos apabila kita mengirimkan melalui paket kilat atau sering disebut EMS kepanjangan dari Express Mail Service.
Bungkuslah barang dalam keadaan yang rapi dan menarik,hal ini juga sangat penting untuk meningkatkan image profesioanal kita dimata pembeli.Sebagian pelaku bisnis online di negara kita kadang-kadang kurang memperhatikan aspek ini,pengalaman pribadi saya yang berada di luar negara pernah menerima kiriman baju batik dari salah satu toko online di Indonesia yang membungkus baju batik dengan bekas karung beras yang dijahit seadanya menggunakan tali rafia,kontan saya kaget dan tersipu malu saat mengambil kiriman barang yang saya alamatkan ke perusahaan tempat saya bekerja.Selain itu setelah dibuka baju batik didalamnya berlipat-lipat sehingga saya perlu rapikan sebelum dapat dijual kembali kepada pembeli.Hal seperti ini tidak pernah saya temukan apabila menerima kiriman barang dari china.
(b) Menyediakan timbangan.
Timbangan sangat berguna untuk mengetahui berat barang yang akan dikirim.Dengan mengetahui dimensi dan berat barang yang akan dikirim akan memudahkan kita dalam menghitung ongkos pengiriman barang yang terjual di ebay.
(c) Memilih jasa pengiriman yang terpercaya.
Selain PT.Pos indonesia sebagai jasa pengiriman terbesar kita juga dapat memanfaatkan jasa perusahaan-perusahaan swasta untuk pengiriman barang di ebay.Beberapa perusahaan jasa pengriman barang menawarkan harga yang berpatutan seperti FEDEX,JNE,tiki,dan sebagainya.
(d) Mendeklarasikan barang dengan benar.
Dalam setiap pengiriman barang kita perlu mendeklarasikan isi bungkusan dengan diskripsi singkat dan harga barang dengan benar,Ini untuk mengelakkan barang yang kita kirimkan tidak dapat diambil oleh pembeli karena ditahan oleh pihak bea cukai negara tujuan,atau pembeli akan dikenakan cukai tertentu mengikut undang-undang kepabeanan negara berkenaan.Sesetengah negara akan mengenakan cukai apabila harga barang melebihi batas minimum,misalnya di Malaysia tidak akan dikenakan cukai apabila barang yang dikirim dari luar negara tidak melebihi RM400.
Ada juga sesetengah negara yang mengecualikan cukai terhadap barang yang dideklarasikan sebagai sampel produk ataupun hadiah.Oleh karena itu dalam bisnis ebay ini komunikasi langsung kepada pembeli dengan baik sebelum proses pengiriman barang sangat diperlukan.
.
C. TAHAP PASCA PENGIRIMAN BARANG.
Setelah pengiriman barang yang terjual di ebay telah berhasil dilaksanakan segera informasikan melalui email kepada pembeli bahwa pengiriman barang sudah dilakukan dengan menyertakan hari dan tanggal serta nomer pelacakan pengiriman barang yang disediakan oleh jasa pengiriman barang yang dipilih (langkah B 2 c) di atas,sehingga pembeli dapat mengecek kiriman barang secara online di website jasa pengiriman barang yang dipilih (langkah B 2 c) diatas dengan memasukan nomer pelacakan yang sudah kita informasikan kepada pembeli melalui email tadi.
Dengan memberikan nomer pengiriman pelacakan kepada pembeli barang yang terjual di ebay,dapat membantu kita apabila terjadi keterlambatan pengiriman,barang tidak sampai dan sebagainya.Karena masalah keterlambatan tersebut bukan dari diri kita sebagai penjual ebay.Apabila pembeli mengajukan masalah ke ebay atau menuntut pengembalian uang di ebay maka ebay akan tetap melindungi dan membela kita karena bukti pengiriman tersebut.
Demikian sekelumit tips cara mengelola pengiriman barang di ebay ini ditujukan kepada pembaca centraniaga,terutama kepada pembaca yang baru belajar menekuni bisnis ebay.Kepada anda yang sudah berpengalaman dalam bisnis ebay silakan tambahkan ide anda di kolom komentar.